Pasca-OTT Tiket Senaru, Dinas Ganti Petugas

Wira Susanto 12 Februari 2017 08:38:31 WIB

 

Tanjung – Operasi Tangkap Tangan (OTT) Tim Saber Pungli yang melibatkan oknum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kabupaten Lombok Utara (KLU) merupakan “tamparan” bagi SKPD terkait. Mengantisipasi tidak terulangnya kejadian serupa, Disbudpar KLU langsung menempatkan orang baru di pintu masuk penjualan Tiket Senaru, Kecamatan Bayan.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Lombok Utara, Bratayasa, Jumat, 10 Februari 2017 mengungkapkan pihak dinas sudah melakukan upaya pencegahan pungli di kemudian hari. Salah satu caranya, dinas menempatkan petugas baru untuk mengawal penjualan tiket Senaru.

“Mencegah pungli ke depan, kita sudah menempatkan orang lain mengawal proses penjualan tiket di pintu masuk Sindang Gila, Senaru. Kita buatkan dia SPT (Surat Perintah Tugas),” ungkap Bratayasa.


Dijelaskannya pascaOTT, garis polisi sudah kembali dibuka. Police line hanya terpasang sehari saat momen OTT itu saja. Sementara terhadap pelaku OTT – oknum PNS berinisial RM sudah ditetapkan sebagai tersangka. Disbudpar dalam hal ini tidak akan mentolerir kesalahan yang dibuat pelaku dan tetap mempercayakan proses hukum di Polres KLU.

Bratayasa juga mengklarifikasi dalam proses penarikan jasa retribusi di pintu masuk Senaru, hanya berlaku tiket dari dinas. Ia tidak membenarkan adanya pengenaan atau penarikan jasa retribusi oleh pemerintah desa.

“Sesuai dengan Permen 111, desa tidak boleh menarik karena akan menjadi pungutan double. Desa sudah dibekali dengan ADD, sehingga segala sesuatunya harus masuk ke Pemda,” paparnya.


Bratayasa berharap, pengelolaan retribusi jasa melalui tiket masuk kawasan wisata harus dikelola berdasarkan kewenangan Pemda. Ia meminta desa melakukan pengelolaan retribusi secara transparan dan bertanggung jawab, sehingga tidak menjadi pungli di kemudian hari... ( http://www.suarantb.com/news/2017/02/11/23487/pasca.ott.tiket.senaru.dinas.ganti.petugas )

Komentar atas Pasca-OTT Tiket Senaru, Dinas Ganti Petugas

24 Mei 2019 11:52:13 WIB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Video Sokong

Background Fullscreen dengan CSS

Google Translate

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Lokasi Sokong

tampilkan dalam peta lebih besar